get app
inews
Aa Read Next : Fap Tekal Surati Disnakertrans Provinsi Riau Terkait K3, Ismunandar: Berharap Ada Efek Jera

Peringati BK3N, Pertagas ORA & ODA Wujudkan Komitmen Penerapan HSSE di Setiap Proses Pekerjaan

Jum'at, 03 Maret 2023 | 17:34 WIB
header img

PEKANBARU, iNewsDumai.id - Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional 2023, PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Subholding Gas Pertamina melalui unit usahanya di Operation West Region (OWR) melaksanakan serangkaian kegiatan terkait aspek Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan oleh semua area operasi di Pertagas OWR termasuk di antaranya yaitu di Operation Rokan Area (ORA) dan Operation Dumai Area (ODA).

Rangkaian kegiatan peringatan BK3N di Pertagas ORA dan ODA dibuka pada tanggal 25 Januari 2023 dan ditutup pada 22 Februari 2023 kemarin. Berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan  diantaranya seminar dan talkshow K3, training first aid, safety driving, basic fire safety training, coaching CSMS, donor darah serta kompetisi K3 lainnya seperti jalan cepat, konten K3 dan cerdas cermat. Rangkaian kegiatan diikuti oleh seluruh Pekerja dan mitra kerja Pertagas ORA dan ODA dengan penuh antusias. 

Beberapa kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan instansi terkait seperti Advisor QHSSE dalam talkshow K3, lalu PMI Pekanbaru dalam kegiatan training first aid. Untuk kegiatan safety driving Pertagas ORA dan ODA bekolaborasi dengan RSDC (Riau Safety Driving Course), sementara donor darah merupakan hasil kolaborasi dengan RSUD Duri dan PMI Dumai.

Peringatan bulan K3 dilaksanakan untuk meningkatkan HSSE Awareness, mewujudkan budaya HSSE generatif dan pengelolaan asset integrity yang unggul guna mendukung keberlanjutan bisnis Pertagas. HSSE Generatif merupakan tingkatan paling tinggi dalam implementasi HSSE di suatu perusahaan, pada tingkatan ini keselamatan dan kesehatan kerja sudah menjadi bagian dari setiap proses dan kegiatan bisnis pada perusahaan.

Komitmen dalam penerapan budaya HSSE Generative juga menjadi fokus bagi General Manager Pertagas OWR, Indra P. Sembiring.

"Budaya HSSE Generatif yaitu ketika budaya HSSE sudah menjadi kebiasaan, karena keselamatan itu adalah untuk diri kita sendiri bukan orang lain. Jika budaya HSSE sudah generatif berarti kita sudah sadar akan pentingnya HSSE, itulah yang akan kita tuju nanti. Maka dari itu dibuat roadmap tadi karena semua pasti ada prosesnya, tidak ada yang instan. Dan tujuan dari budaya HSSE generatif ini agar keberlanjutan bisnis dapat berjalan dengan baik" ungkap Indra saat acara penutupan BK3N di Pekanbaru (22/02).

Industri minyak dan gas bumi dikenal sebagai industri yang high risk, high cost dan high technology. Oleh karenanya, aspek QHSSE menjadi penting, tak hanya untuk menjaga kelangsungan bisnis namun juga untuk memastikan setiap pekerja dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Demikian pula yang dilaksanakan oleh Pertagas ORA dan ODA yang selalu berupaya memastikan setiap kegiatan operasinya mengedepankan keamanan dan keselamatan lingkungan di sekitar. Untuk mencapai tujuan itu Pertagas juga melakukan beragam inovasi untuk menunjang kelancaran operasi dan pencapaian aspek QHSSE.

“Memasuki era industry 5.0 perusahaan harus mulai mengkolaborasikan teknologi dengan tenaga kerja yang handal untuk mencapai keberlangsungan bisnis. Maka dari itu, Pertagas selalu berupaya melakukan inovasi-inovasi untuk menunjang kelancaran operasi serta mengedapankan aspek QHSSE. Alhamdulillah beberapa inovasi teknologi dapat dikembangkan oleh pekerja-pekerja Pertagas sehingga keberlangsungan bisnis perusahaan dapat terus berjalan dengan lancar dan tentunya harmonis dengan lingkungan sekitar”. tutur Manager Communication, Relation & CSR, Imam Rismanto saat ditemui secara terpisah pada Senin (01/03).

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut