Logo Network
Network

Kabar Gembira untuk Lulusan SMA, Tes Mata Pelajaran Dihapus dari SBMPTN, Ini Kata Mendikbud

Bachtiar Rojab
.
Kamis, 08 September 2022 | 11:44 WIB
Kabar Gembira untuk Lulusan SMA, Tes Mata Pelajaran Dihapus dari SBMPTN, Ini Kata Mendikbud
ILUSTRASI Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022. Mendikbud sebut akan hapus tes mata pelajaran Foto/Dok/SINDOnews

JAKARTA, iNewsDumai.id - Kabar gembira untuk kamu yang merupakan lulusan SMA. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim menghapus tes mata pelajaran dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sebagai gantinya, seleksi akan berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

Nadiem mengatakan jalur SBMPTN yang sebelumnya fokus pada tes mata pelajaran secara tidak langsung memicu turunnya kualitas pembelajaran.

Peserta didik kurang mampu juga dinilainya menjadi lebih sulit bersaing pada jalur SBMPTN ini. Dia menegaskan hal itu merupakan salah satu dari tiga transformasi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).


Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto : Ist)

“Dalam seleksi ini, tidak ada lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Soal pada seleksi ini akan menitikberatkan kemampuan penalaran peserta didik, bukan hafalan,” ujar Nadiem Makarim dikutip Kamis (8/9/2022). 

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.