Logo Network
Network

Cara Cek Daftar Penerima Bansos BLT BBM Secara Online Cukup Pakai HP

Kholid Hidayat
.
Minggu, 04 September 2022 | 23:37 WIB
Cara Cek Daftar Penerima Bansos BLT BBM Secara Online Cukup Pakai HP
Ilustrasi bantuan sosial BLT BBM (bansos).(Foto: Ist)

DUMAI, iNewsDumai.id - Setelah kenaikan BBM bersubsidi dijalankan, pemerintah masih mengupayakan adanya bantuan kepada masyarakat. Dalam hal ini, pemerintah membuat kebijakan pemberian bantuan langsung tunai BLT BBM kepada masyarakat.

 

Penyaluran BLT BBM diberikan kepada masyarakat melalui data yang dimiliki oleh Kemensos. Masyarakat yang nantinya menjadi penerima manfaat adalah yang tercatat dalam data terpadu kesejahteraan sosial DTKS. 

 

Sejauh ini, masyarakat yang namanya terdaftar dalam DTKS dapat dicari secara online. Adapun laman website telah disediakan oleh pemerintah yakni di laman cekbansos.kemensos.go.id.

 

Perlu diketahui bahwa pemerintah saat ini mengeluarkan kebijakan BLT BBM sebagai upaya meringankan beban masyarakat miskin. BLT BBM diberikan sebesar Rp300 ribu dalam dua termin di mana masyarakat akan terima dana total sebesar Rp600 ribu.

 

Rencananya, pemerintah akan mengalokasikan dana sebesar Rp12.4 T untuk program BLT BBM. Pemerintah mengestimasi penerima bansos BLT BBM tahun ini mencapai 20.65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

 

Adapun langkah untuk melakukan pengecekan dapat dilakukan cukup melalui HP. Simak cara untuk melakukan pencarian data penerima di laman cekbansos.go.id:

 

 1. Buka mesin pencarian lalu masukkan kata kunci cekbansos.kemensos.go.id. 

 

 2. Input data wilayah penerima mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa. 

 

 3. Input nama sesuai dengan kartu identitas pengurus lalu masukkan kode chaptcha selanjutnya klik tombol "Cari Data". 

 

Secara otomatis laman tersebut akan menunjukkan data nama penerima manfaat bansos BLT BBM. Apabila nama Anda muncul dapat dipastikan Anda merupakan penerima manfaat bansos BLT BBM. 

 

Demikian informasi mengenai cara untuk melakukan pengecekan daftar penerima bansos BLT BBM. Simak selengkapnya karena pengecekan dapat dilakukan secara online melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini