Logo Network
Network

Polres Dumai Gelar Patroli Subuh, Kapolres: Guna Antisipasi Tindak Kriminal Dijalan dan Balap Liar

Ari Susanto
.
Minggu, 24 Maret 2024 | 15:37 WIB
Polres Dumai Gelar Patroli Subuh, Kapolres: Guna Antisipasi Tindak Kriminal Dijalan dan Balap Liar

DUMAI, iNewsDumai.id - Polres Dumai beserta jajaran kali ini menggelar Patroli subuh selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. Patroli intensif ini digelar untuk menjaga dan memelihara keamanan di Kota Dumai dan sebanyak 104 kendaraan diamankan.

Patroli rutin dipimpin oleh Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, hingga dini hari tadi. Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, Kabag Ops Kompol Mahendra Lubis, Kabag Log Kompol Masrial Tanjung dan jajaran kasat lain ikut turun.

Kapolres Dumai menyebut sasaran utama patroli subuh guna antisipasi segala bentuk kejahatan jalanan dan berbagai tindak kriminal hingga gangguan keamanan selama bulan Ramadan. Termasuk tindakan yang kerap menimbulkan keresahan seperti tawuran, premanisme, balap liar, perang sarung, knalpot brong dan petasan.

"Kami Polres Dumai mengintensifkan patroli subuh guna menciptakan situasi keamanan, ketertiban dan kondusif. Selain itu diharapkan dapat memberikan rasa aman, tentram dan perlindungan pada masyarakat selama ibadah puasa Ramadan 1445 H ini," terang Kapolres AKBP Dhovan Oktavianton, Minggu (24/3/2024)

Kapolres mengimbau seluruh personil yang terlibat patroli subuh selama bulan suci Ramadan untuk selalu melaksanakan kegiatan dengan penuh rasa tanggung jawab, termasuk mengedepankan tugas profesionalisme, tegas dan humanis.

Dhovan menilai selama bulan Ramadhan memang identik dengan kenakalan remaja seperti sahur in the road. Hal ini tak jarang berujung menjadi penyebab tawuran dan balap liar khususnya di waktu subuh yang dikhawatirkan menimbulkan korban jiwa.

"Oleh karenanya kita melakukan patroli pada pagi hari agar hal-hal yang serupa tidak terjadi saat bulan Ramadan serta wujud aksi nyata bahwa polisi benar-benar hadir di tengah masyarakat. Khususnya di bulan Ramadan," ucap Kapolres Dumai AKBP Dhovan.

Patroli sendiri digelar berkala di seputaran simpang Bumi Ayu, Simpang Pos Dinas Perhubungan Ramayana, Pos Pengamanan Operasi Tertib Ramadhan Lancang Kuning 2024 Polres Dumai. Termasuk depan kantor Bulog Dumai dan Pasar Lepin serta sejumlah ruas jalan lainnya yang diindikasi rawan aksi balap liar maupun tawuran.

Selain itu, patroli subuh juga dilaksanakan serentak oleh seluruh polsek jajaran Polres Dumai di wilayah hukum masing-masing. Ini untuk memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat Kota Dumai.

"Menanggapi laporan masyarakat tersebut, sejumlah personel Polres Dumai yang terlibat dibagi menjadi 5 regu untuk melaksanakan patroli blue light di sejumlah ruas jalan yang diduga kerap dijadikan sebagai lokasi berkumpul anak muda dan lokasi balap liar," katanya.

Hasilnya ada 104 kendaraan bermotor yang dibawa ke Mapolres Dumai untuk dilakukan penilangan dan disidangkan di pengadilan. Namun sebelum pengambilan kendaraan, Kapolres Dumai minta para pemilik untuk mengembalikan bentuk dan kelengkapan kendaraan menjadi standar.

"Dan sebelum mereka kembali, para pengendara yang didominasi oleh anak remaja atau masih duduk di bangku sekolah ini mereka diwajibkan untuk menghubungi orang tuanya. Ini agar para orang tua lebih ketat lagi dalam menjaga dan mengawasi anak-anaknya terutama saat libur sekolah. Sebab memberantas aksi balap liar dan aksi tawuran adalah tanggungjawab kita bersama," tutupnya.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.