Logo Network
Network

Jelang Pemilu 2024, Kapolsek Sungai Sembilan Gulirkan Imbauan Kamtibmas Kepada Masyarakat

Ari Susanto
.
Kamis, 15 Februari 2024 | 19:37 WIB
Jelang Pemilu 2024, Kapolsek Sungai Sembilan Gulirkan Imbauan Kamtibmas Kepada Masyarakat

DUMAI, iNewsDumai.id - Polres Dumai dan Polsek Jajarannya terus menggulirkan himbauan Kamtibmas dan pesan damai kepada masyarakat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam rangka Nusantara Cooling System.

Dengan semangat Polri Presisi dan rasa tulus ikhlas mengabdi, Polres Dumai dan Polsek Jajarannya secara rutin menggelar Nusantara Cooling System yang dilaksanakan dalam berbagai kegiatan seperti Bakti Sosial, Bakti Kesehatan, Sosialisasi, Dialog, Edukasi hingga Pembagian Brosur dan Pamflet guna memberikan pemahaman terkait pentingnya menjaga kerukunan dan persatuan demi terwujudnya Pemilu Damai 2024 di Kota Dumai.

Guna mewujudkan Pemilu Damai 2024 diwilayah hukumnya, Kapolsek Sungai Sembilan AKP Bonardo Purba, S.H diwakili oleh Ps. Panit Intelkam Polsek Sungai Sembilan Aiptu P. Nainggolan melaksanakan cooling system dengan menyambangi Kantor Camat Sungai Sembilan Jalan Raya Lubuk Gaung Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan, Jumat (9/2/2024).

Kehadiran Ps. Panit Intelkam Polsek Sungai Sembilan Aiptu P. Nainggolan didampingi Ba Unit Intelkam Polsek Sungai Sembilan Bripka Andri Dariasman disambut langsung oleh Camat Sungai Sembilan Hergustiman, S.Sos, M.Si, Sekretaris Camat Sungai Sembilan Muhtadi, S.Sos, para Lurah se-Kecamatan Sungai Sembilan dan perangkat Kecamatan Sungai Sembilan lainnya.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan do'a bersama. Seluruhnya secara serentak melantunkan doa memohon kedamaian, persatuan dan keselamatan bangsa guna mewujudkan Pemilu Damai 2024 dan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif tetap terjaga serta Kota Dumai khususnya Kecamatan Sungai Sembilan selalu terlindungi dan terhindar dari berbagai musibah dan bencana.

Setelah itu, Ps. Panit Intelkam Polsek Sungai Sembilan tampak bersilaturahmi, berdiskusi serta saling bertukar informasi guna mengetahui situasi Kamtibmas hingga isu-isu yang berkembang di Kecamatan Sungai Sembilan khususnya selama tahapan Pemilu 2024.

Kemudian, guna mencegah potensi gangguan Kamtibmas dan mewujudkan Pemilu Damai 2024 di Kota Dumai, Ps. Panit Intelkam Polsek Sungai Sembilan juga mengajak seluruh perangkat Kecamatan Sungai Sembilan untuk bersama-sama mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan agar tidak mudah terprovokasi dengan isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA yang dapat memicu pertikaian antar pendukung masing-masing pasangan Calon baik itu Calon Presiden dan Wakil Presiden maupun Calon Anggota Legislatif yakni DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Riau dan DPRD Kota Dumai hingga berpotensi memecah belah kerukunan dan kesatuan bangsa.

“Edukasi makna Pemilu Damai 2024 sangat diperlukan agar seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar ditengah banjir arus informasi di media sosial dan platform digital lainnya. Dan ini merupakan salah satu upaya Polri dalam melindungi masyarakat agar tidak salah langkah dan tidak terjebak oleh informasi sesat yang dapat menimbulkan potensi terjadinya misinformasi dan disinformasi dalam Pemilu 2024 hingga mengorbankan kerukunan dan kesatuan yang telah terjalin dan terjaga dengan baik,” ungkap Ps. Panit Intelkam Polsek Sungai Sembilan Aiptu P. Nainggolan.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan Ps. Panit Intelkam Polsek Sungai Sembilan dapat membawa berbagai dampak positif yakni mempererat hubungan silaturahmi dan meningkatkan kedekatan dan keakraban Polsek Sungai Sembilan bersama perangkat Kecamatan Sungai Sembilan hingga terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban Kota Dumai serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Tak lupa, Ps. Panit Intelkam Polsek Sungai Sembilan menekankan pentingnya dukungan seluruh pihak khususnya perangkat Kecamatan untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa setiap suara memiliki dampak besar dalam menentukan arah bangsa. Namun tentunya dengan tetap menjaga semangat kebersamaan dan menghormati berbagai perbedaan khususnya perbedaan pendapat, pandangan politik dan pilihan politik. Pasalnya, Pemilu 2024 bukan hanya sekadar menentukan pilihan politik, tetapi juga momentum memperkuat persatuan bangsa.

Dirinya juga meminta komitmen seluruh pihak yang hadir untuk bersama-sama mendukung Polres Dumai dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai, tertib dan kondusif di Kota Dumai selama tahapan Pemilu 2024, dan meminta untuk bersama-sama mendo'akan agar seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Seluruh pihak yang hadir diminta berkomitmen mendukung Polres Dumai dengan bekerjasama meminimalisir isu-isu provokatif, mengantisioasi perpecahan dan potensi konflik ditengah masyarakat untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan tentram," tegas Aiptu P. Nainggolan.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.