Logo Network
Network

Kapolres Dumai Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Personel Pengamanan

Ari Susanto
.
Senin, 12 Februari 2024 | 17:10 WIB
Kapolres Dumai Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Personel Pengamanan

DUMAI, iNewsDumai.id – Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si memimpin apel pergeseran pasukan personel pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Serentak Tahun 2024 di wilayah Kota Dumai, Senin (12/2/2024).

Apel pergeseran pasukan personel pengamanan TPS yang dipusatkan di lapangan upacara Polres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur.

Apel tersebut dihadiri oleh Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag dan Ketua Bawaslu Kota Dumai Agustri, S.H.I, M.E.S.y, sementara peserta apel terdiri para Pejabat Utama Polres Dumai, Perwira Polres Dumai, personel BKO Sat Brimob Polda Riau, personel Pengamanan TPS se-Kota Dumai dan personel Polres lainnya.

Selain itu, dari jumlah 232.485 tersebut, terdapat 117.782 pemilih laki-laki dan 113.703 pemilih perempuan. Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersedia sebanyak 925, tersebar di 36 kelurahan dan tujuh kecamatan.

Dalam pengamanan 925 TPS Pemilu 2024 yang tersebar pada 36 Kelurahan di 7 Kecamatan se-Kota Dumai, Polres Dumai Jajaran Polda Riau mengerahkan kekuatan penuh dengan total 250 personel Polres Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, dalam arahanya menegaskan, Polres Dumai beserta jajaran siap menindaklanjuti arah dan kebijakan pimpinan Polri tentang penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 di seluruh Indonesia, khususnya wilayah Kota Dumai agar berjalan dengan aman, lancer, tertib dan damai. Dirinya juga menyoroti pentingnya mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata sehingga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dapat dipertahankan dan terpelihara dengan baik.

Kapolres Dumai menekankan kepada seluruh personel yang bertugas pengamanan TPS, agar selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta memohon ridho-nya agar Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Dumai dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses.

Mengingat Pemilu 2024 semakin mendekati tahapan inti yakni pencoblosan atau pemungutan dan penghitungan suara, Kapolres Dumai mengingatkan agar dalam menjalankan tugasnya, seluruh personel dapat melaksanakannya dengan penuh dedikasi dan profesionalisme dengan mempedomani Buku Saku PAM TPS yang dapat menjadi bekal pengetahuan personel terkait tugas dan tanggung jawab yang diemban.

‘’Polri merupakan harapan masyarakat untuk menjaga pesta demokrasi agar berjalan aman, lancar, damai, berintegritas, bermarwah dan penuh berkah. Seluruh personel agar menjaga kesehatan karena kita semua telah ditunjuk ataupun diamanahkan untuk melaksanakan tugas mulia ini dengan Kesehatan fisik yang prima, tangkas dan cerdas dalam bertindak,’’ tegasnya.

Guna kesiapan dalam melaksanakan tugas pengamanan TPS, Kapolres Dumai meminta personil Polri harus mempedomani aturan-aturan serta tetap menjaga kesehatan atau stamina dan keimanan. Dengan selalu meningkatkan kemampuan teknis dan taktis Kepolisian.

‘’Laksanakan tugas sebaik-baiknya dengan rasa tulus Ikhlas dan penuh disiplin. Hindari kesalahan cara bertindak (sikap arogan, dan lain lain) yang mencoreng citra Polri di tengah masyarakat. Saya minta personil laksanakan langkah–langkah yang tepat, profesional dan proporsional, melakukan mapping sebelumnya, sehingga dapat mengetahui lokasi pengamanan yang akan dilakukan,’’ pintanya.

Selain tetap menjunjung tinggi profesionallitas dan netralitas Polri, AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K., M.Sc meminta personel pengamanan TPS dapat bekerja sama dengan seluruh pihak terkait seperti Panitia Penyelenggara dan Panitia Pengawas Pemilu 2024 untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya guna mendukung kinerja dalam pelaksanaan tugas.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.