get app
inews
Aa Read Next : Sempena May Day, SB Tekal & Fap Tekal Serahkan Plakat dan Piagam Penghargaan Kepada Kapolres Dumai

Kapolres Dumai Turut Menggandeng Walikota Dumai Kunjungi Wilayah Terluar Kota Dumai

Rabu, 07 Februari 2024 | 15:40 WIB
header img
Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si Turut menggandeng Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS, Komisioner Bawaslu Provinsi Riau Fatmina Nularna, S.Sos, M.Si, Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag, Ketua Bawaslu Kota Dumai Agustri, S.HI, M.E.Sy dan Pejabat Utama Polres Dumai, Kapolres Dumai mendatangi wilayah terluar Kota Dumai yakni Kelurahan Batu Teritip yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (6/2/2024)

DUMAI, iNewsDumai.id - Sebagai wujud komitmen Polri dalam menciptakan Pemilu Damai 2024, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si mengunjungi wilayah terluar Kota Dumai, Selasa (6/2/2024).

Turut menggandeng Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS, Komisioner Bawaslu Provinsi Riau Fatmina Nularna, S.Sos, M.Si, Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag, Ketua Bawaslu Kota Dumai Agustri, S.HI, M.E.Sy dan Pejabat Utama Polres Dumai, Kapolres Dumai mendatangi wilayah terluar Kota Dumai yakni Kelurahan Batu Teritip yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hilir.

Rombongon menuju wilayah Mekar Sari Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan melewati jalur darat wilayah Sinaboi Kepenghuluan Darussalam Kabupaten Rokan Hilir.  Setibanya ditempat tujuan, rombongan kemudian meninjau, melihat dan memahami tentang kondisi riil dan potensi kerawanan geografisnya meliputi jarak, medan, cuaca, dan aksesibilitas diwilayah terluar Kabupaten Rokan Hilir yang berbatasan dengan Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.

Selanjutnya, rombongan bergerak menuju wilayah terluar Kota Dumai menggunakan kapal perahu motor melewati perairan kanal perbatasan wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai. Setibanya diwilayah Mekar Sari Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan, rombongan kembali harus melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua untuk melaksanakan kegiatan pengecekan rencana Tempat Pemungutan Suara (TPS) Perbatasan dan melakukan pertemuan tatap muka bersama masyarakat perbatasan Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir.

Bertempat dikediaman tokoh masyarakat Kelurahan Batu Teritip Heri Sumansa, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menginisiasi pertemuan antara Pemerintah Kota Dumai dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dengan Panitia Penyelenggara serta Pengawas Pemilu 2024 Provinsi Riau, Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Dumai H. Paisal, S.K.M, MARS, Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, Dandim 0320/Dumai diwakili oleh Danramil Sungai Sembilan Mayor (Arh) H. Sitorus, Komisioner Bawaslu Provinsi Riau Fatmina Nularna, S.Sos, M.Si, Kapolres Rohil diwakili Kapolsek Sinaboi AKP Juliandi, Kasat Intelkam Polres Dumai AKP Sarasi Sijabat, S.H, Kapolsek Sungai Sembilan, AKP Bonardo Purba, S.H, Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag, Komisioner KPU Kota Dumai Edi Indra, S.Sos dan  Siti Khadijah, S.E, Komisioner KPU Kabupaten Rokan Hilir Hasbullah Rambe dan Datuk Zul Hidayat, Ketua Bawaslu Kota Dumai Agustri, S.HI, M.E.Sy, Komisioner Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir Jaka Abdillah, Camat Sungai Sembilan Dumai Hergustiman, S.Sos, M.Si. Lurah Batu Teritip Firmanto, S.Sos, Ketua RT se-Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan.

"Selain untuk berinteraksi langsung dengan warga setempat, kunjungan ini juga dilaksanakan untuk melihat dan memahami tentang kondisi riil diwilayah terluar Kota Dumai yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hilir dan potensi kerawanan geografisnya meliputi jarak, medan, cuaca, dan aksesibilitas.  Kemudian dari hasil pemetaan pendirian TPS Kabupaten Rokan Hilir diwilayah Kota Dumai dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari pihak PPK Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir pada Pemilu 2024 terdapat 3 TPS Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang masuk ke wilayah Kelurahan Batu Teritib Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai, terkait hal ini tentunya harus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan kondusif," ungkap Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.

Dilanjutkan Kapolres Dumai, selain dalam rangka meminimalisir potensi konflik, nantinya hal ini akan menjadi bahan pertimbangan Polres Dumai dalam merancang strategi yang lebih efektif untuk mencegah potensi kerawanan dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024 terutama tahapan distribusi logistik dan pengamanan TPS Pemilu 2024.

"Keberhasilan distribusi logistik menjadi kunci utama kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024. Sehingga dengan mengetahui kondisi riil dan merancang strategi yang lebih efektif, diharapkan distribusi logistik dapat berjalan sesuai jadwal dan berlangsung aman tanpa kendala yang mengganggu. Tak hanya itu, hasil peninjauan tersebut juga akan menjadi dasar bagi Institusi Polri khususnya Polres Dumai dalam menentukan pola pengamanan guna meningkatkan pelayanan dan perlindungan di kawasan tersebut," jelas Kapolres Dumai.

Kemudian pertemuan antara Pemerintah Kota Dumai dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dengan Panitia Penyelenggara serta Pengawas Pemilu 2024 Provinsi Riau, Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir juga diinisiasi oleh Kapolres Dumai dalam rangka Nusantara Cooling System. Dalam dialog hangat bersama warga, Kapolres Dumai meminta partisipasi aktif seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencip.milu Damai 2024 dan menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang, pada saat dan pasca pemungutan suara yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

"Mari bersama-sama kita ciptakan Pemilu Damai 2024 tanpa isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA agar terhindar dari perpecahan serta kerukunan dan persatuan tetap terjaga," pungkas Kapolres Dumai.

Diketahui, berdasarkan hasil pemetaan pendirian TPS Kabupaten Rohil diwilayah Kota Dumai dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari pihak PPK Sinaboi Kabupaten Rohil pada Pemilu 2024 terdapat 3 TPS Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rohil yang masuk kewilayah Kelurahan Batu Teritib Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai, terkait hal ini tentunya harus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan kondusif.

TPS Kabupaten Rohil yang didirikan diwilayah Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan yakni TPS 006 beralamat di Jalan Lintas Sinaboi - Dumai RT. 010 Kepenghuluan Darussalam dengan jumlah DPT 202 orang yang merupakan warga RT. 010, RT. 015 dan RT. 016 Kepenghuluan Darussalam Kabupaten Rokan Hilir, TPS 007 beralamat di Jalan Sinaboi - Dumai RT. 013 Kepenghuluan Darussalam dengan jumlah DPT 125 orang yang merupakan warga RT. 007, 008, 013 dan RT. 014 Kepenghuluan Darussalam Kabupaten Rohil dan TPS 008 beralamat di Jalan Laksmana Senepis RT. 005 Kepenghuluan Darussalam dengan jumlah DPT 132 orang yang merupakan warga RT. 005, 006, 011 dan RT. 012 Kepenghuluan Darussalam Kabupaten Rohil.

Mengingat jalur menuju lokasi cukup sulit ditempuh menggunakan jalur darat terlebih saat ini kondisi cuaca tidak menentu sehingga untuk mempersingkat waktu perjalanan mengharuskan kegiatan peninjauan TPS melewati jalur darat dengan rute Dumai - Sinaboi Kabupaten Rohil dan Mekar Sari Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut