get app
inews
Aa Read Next : Polres Dumai Melalui Polsek Dumai Kota Lakukan Giat Rutin Jumat Curhat Upaya Mempererat Silaturahmi

Tim Pengawasan Operasi Dari Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Riau Laksanakan Kunjungan Kerja

Selasa, 06 Februari 2024 | 10:45 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Memastikan manajemen Operasi Mantap Brata (OMB) Lancang Kuning 2023-2024 berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, Tim Pengawasan Operasi (Was Ops) dari Inspektorat Pengawasan Daerah, (Itwada) Polda Riau melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Dumai Jajaran Polda Riau, Senin (5/2/2023).

Tim Was Ops dari Polda Riau yang dipimpin oleh Irbid II Itwasda Polda Riau AKBP Gunar Rahadiyanto, S.I.K, M.H selaku Ketua Tim, melaksanakan pengawasan, pengecekan dan pemeriksanaan pelaksanaan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 dan yang dilaksanakan oleh Polres Dumai.

Adapun Tim Was Ops dari Itwasda Polda Riau adalah Parik 3 Itbid II Ipda Messy Dastira selaku Sekretaris Tim dan dua anggota tim lainnya yakni Auditor II Ipda Pebri Topiq, S.E, M.M dan Bamin Itbid II Briptu Thondy Arif.

Jelang proses pemungutan dsn penghitungan susara Pemilu 2024, untuk memantau perkembangan situasi Kamtibmas serta pengamanan dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), Tim Was Ops menginspeksi Gudang Logistik KPU Kota Dumai di Jalan Abdul Rabkhan KM 5 Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan.

Didampingi Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, Kasat Intelkam Polres Dumai AKP Sarasi Sijabat, S.H dan Kasiwas Polres Dumai AKP Christian H. Dachi, S.H, Tim Was Ops dari Itwasda Pola Riau mengunjungi Gudang Logistik KPU Kota Dumai guna mengecek kesiapsiagaan personel Polres Jajaran Polda Riau yang terlibat Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 dan melakukan pengamanan seluruh tahapan Pemilu 2024 khususnya pengamanan di Kantor Panitia Penyelenggara Pemilu.

Kunjungan kerja Tim Was Ops Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 Polda Riau, disambut oleh Sekretaris KPU Kota Dumai Budi Suryono, S.Sos, M.Si, Kasubbag Umum, Logistik dan Keuangan KPU Kota Dumai Fani Crystal dan seluruh personel Pengamanan Gudang Logistik KPU Kota Dumai.

Tak hanya mengecek kesiapan dan kesiapsiagaan personel Polres Dumai, Irbid II Itwasda Polda Riau AKBP Gunar Rahadiyanto, S.I.K, M.H selaku Ketua Tim Was Ops Polda Riau juga mengecek ataupun meninjau barang-barang inventaris perlengkapan pengamanan untuk mendukung kelancaran proses Pengamanan Tahapan Pemilu 2024. Selain itu, pengecekan juga dilakukan untuk memastikan tidak ada permasalahan atau gangguan yang dapat mempengaruhi proses penyimpanan dan distribusi logistik Pemilu 2024.

“Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya permasalahan atau potensi gangguan yang dapat mempengaruhi proses penyimpanan dan distribusi logistik Pemilu 2024,” kata Irbid II Itwasda Polda Riau AKBP Gunar Rahadiyanto, S.I.K, M.H selaku Ketua Tim.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Was Ops Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 AKBP Gunar Rahadiyanto, S.I.K, M.H, juga memberikan arahan kepada personel pengamanan Gudang Logistik KPU Kota Dumai agar memperketat pengamanan, meningkatkan kewaspadaan dan melaksanakan antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk perangkat ataupun instalasi kelistrikan serta sarana dan prasarana lainnya.

“Kita tidak boleh underestimate, walau situasi di Provinsi Riau khususnya Kota Dumai relatif aman. Namun kita harus selalu waspada dan jangan lengah. Laksanakan tugas dengan penuh ra tanggung jawab dan rasa tulus ikhlas,” tegasnya.

Ketua Tim Was Ops Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 Polda Riau juga mengingatkan pentingnya menjaga keamanan dan integritas dalam penyelenggaraan Pemilu. Dia berharap Pemilu 2024 khususnya di Provinsi Riau dapat berjalan lancar, aman, damai dan demokratis, serta seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dengan tenang dan merasa percaya terhadap proses Pemilu, dan kegiatan pengecekan ini adalah salah satu langkah nyata yang dilakukan Polda Riau untuk mencapai tujuan tersebut.

Dirinya juga mengharapkan peran aktif Panitia Penyelenggara Pemilu 2024 di Kota Dumai untuk bersama-sama saling mendukung, bersinergi dan berkolaborasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Dumai dalam menyongsong Tahapan Inti Pemilu 2024 yakni Pemungutan dan Penghitungan Suara yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

Terakhir, AKBP Gunar Rahadiyanto, S.I.K, M.H tersebut mengutarakan apresiasinya atas kesiapan dan kerja keras seluruh pihak terkait. Dirinya juga menekankan pentingnya menjaga integritas, netralitas dan profesionalitas selama proses Pemilu 2024, serta mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan Pemilu 2024 yang aman, bersih dan berintegritas demi terwujudnya demokrasi yang sehat di Kota Dumai.

"Mari kita bersama-sama menjaga stabilitas Kamtibmas dan saling mendukung satu sama lain guna terwujudnya Pemilu Damai 2024 dan terciptanya situasi Kamtibmas tetap tercipta aman, tertib dan kondusif," tutupnya.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut