get app
inews
Aa Read Next : Polres Dumai Melalui Polsek Dumai Kota Lakukan Giat Rutin Jumat Curhat Upaya Mempererat Silaturahmi

Jelang Pemilu 2024, Polres Dumai Melalui Sat Samapta Tunaikan Ibadah Salat Subuh Berjemaah Keliling

Minggu, 04 Februari 2024 | 09:07 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Polres Dumai melalui Sat Samapta menunaikan ibadah salat subuh berjemaah keliling. Dalam suasana penuh keheningan, personel Sat Samapta Polres Dumai berbaur dengan jemaah Masjid As-Falah untuk bersilaturahmi, berdiskusi serta menyampaikan himbauan Kamtibmas menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024, Minggu (4/2/2024) di Jalan Budi Kemuliaan Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota.

Kasat Samapta Polres Dumai AKP M. Sahudi, S.H menyampaikan himbauan dan pesan Kamtibmas dalam rangka cooling system. Dirinya meminta seluruh masyarakat khususnya jemaah Masjid As-Salam untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap maraknya isu negatif, berita bohong (hoax) dan isu provokatif lainnya yang beredar baik ditengah masyarakat hingga di dunia maya. Masyarakat khususnya para pengguna sosial media diminta lebih teliti dalam menerima ataupun menyebarluaskan informasi agar tidak menimbulkan potensi konflik dan perpecahan serta terciptanya situasi yang kondusif. 

Dikatakannya, Polri dan masyarakat perlu bekerja sama dalam suatu cooling system guna menciptakan Pemilu Damai 2024 serta bersinergi menjaga kerukunan dan persatuan bangsa, menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Hatkamtibmas) khususnya menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024.

Apalagi, lanjut AKP M. Sahudi, S.H, proses pemungutan dan penghitung suara Pemilu 2024 semakin dekat yakni 14 Februari 2024 mendatang. Disamping bertanggungjawab dalam bidang Kamtibmas, personel Polri juga berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih dengan bijak serta menolak segala bentuk kampanye hitam, intoleransi, politik uang dan politik identitas melalui berbagai program pendekatan termasuk berbaur bersama masyarakat menunaikan salat berjemaah.

"Kita harus bersama-sama bergandengan tangan, saling bersinergi untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, serta menciptakan Pemilu Damai 2024 tanpa isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA,” ujarnya.

Dalam pertemuan informal namun penuh kehangatan dan keakraban dengan jemaah Masjid Al-Falah, Kasat Samapta Polres Dumai juga menyampaikan pentingnya kerjasama dan koordinasi yang baik antara Polri dan masyarakat dalam menjaga kerukunan serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Ia mengajak para jemaah khususnya yang aktif menggunakan media sosial untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman, menjauhi segala bentuk provokasi dan melaporkan setiap kejadian ataupun hal mencurigakan lainnya kepada pihak Kepolisian agar dapat diantisipasi dengan cepat, tepat dan selektif untuk menghindari terjadinya gangguan Kamtibmas khususnya yang berpotensi mengganggu jalannya Pemilu 2024.

"Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memakmurkan masjid, tetapi juga menjadi momentum untuk membangun sinergi yang kuat antara Kepolisian dan masyarakat setempat. Semoga kehadiran polisi dalam salat subuh berjemaah dapat menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif serta menjaga harmoni dalam masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilu 2024," harapnya.

Sebagai wujud komitmen mensukseskan Pemilu 2024, Kasat Samapta Polres Dumai juga mendorong partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024 mendatang, karena golput bukan solusi.

“Jadilah pengguna media sosial yang bijak, jangan mudah terprovokasi dan jangan menjadi bagian dari penyebaran isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA. Tetap jaga kerukunan dan persatuan dengan saling menghargai perbedaan pilihan dan pandangan politik, serta mari bersama berkomitmen menolak dengan tegas segala bentuk kampanye hitam, intoleransi, politik uang dan politik identitas,” pungkas AKP M. Sahudi S.H.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut