Logo Network
Network

Upaya Cooling System Jelang Pemilu 2024, Kapolsek Dumai Barat Sambangi Warga Diwilayahnya

ari Susanto
.
Rabu, 31 Januari 2024 | 11:41 WIB
Upaya Cooling System Jelang Pemilu 2024, Kapolsek Dumai Barat Sambangi Warga Diwilayahnya
Kapolsek Dumai Barat Kompol Syahrizal, S.E, M.H, M.Si blusukan menyambangi warga diwilayah hukumnya untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergitas Polri dengan masyarakat, Rabu (31/1/2024).

DUMAI, iNewsDumai.id - Kapolsek Dumai Barat Kompol Syahrizal, S.E, M.H, M.Si blusukan menyambangi warga diwilayah hukumnya untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergitas Polri dengan masyarakat, Rabu (31/1/2024). Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Cooling System menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

Disela kesibukan dan aktifitas rutinnya, Kapolsek Dumai Barat Kompol Syahrizal, S.E, M.H, M.Si didampingi Wakapolsek Dumai Barat AKP Ronny Juainie, Kanit Samapta Polsek Dumai Barat AKP Gustiannery dan perwakilan personel Polsek Dumai Barat lainnya blusukan menyambangi para pedagang, para pembeli hingga masyarakat yang beraktifitas disekitar lokasi Pasar Rakyat Kelakap Tujuh Jalan Ratu Sima Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan (STDI) Kecamatan Dumai Barat.

Kapolsek Dumai Barat beserta rombongan tampak bersilaturahmi, berdiskusi dan bertukar informasi dengan para pedagang dan pengunjung Pasar Rakyat Kelakap Tujuh guna mengetahui situasi masyarakat, merespon persoalan-persoalan yang terjadi ditengah masyarakat dan memberikan solusi serta bantuan yang sesuai dengan tanggungjawab Kepolisian.

Tak hanya itu, kehadiran Kapolsek Dumai Barat Kompol Syahrizal, S.E, M.H, M.Si juga memantau harga bahan pokok, mengantisipasi berbagai tindak kejahatan khususnya Curat, Curas dan Curanmor (C3) serta menghimbau seluruh pedagang dan pengunjung pasar agar meningkatkan kewaspadaan terutama pada pusat keramaian dan saat parkir kendaraa serta hindari memakai perhiasan secara berlebihan selama berada ditempat keramaian.

Kepada rekan media, disampaikan Kapolsek Dumai Barat Kompol Syahrizal, S.E, M.H, M.Si bahwa tujuan utama dari kegiatannya adalah untuk membangun koneksi yang lebih dekat antara Polri dengan masyarakat, mendengarkan aspirasi dan memberikan himbauan ataupun pesan-pesan Kamtibmas dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif diwilayah Kota Dumai.

“Ini merupakan wujud nyata kehadiran Polri untuk masyarakat dan memastikan agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, damai dan tertib di Kota Dumai. Melalui kegiatan blusukan ini, kami berusaha untuk lebih memahami kebutuhan serta kekhawatiran masyarakat, sekaligus memberikan informasi dan himbauan terkait Kamtibmas,” ungkap Kompol Syahrizal, S.E, M.H, M.Si.

Dalam pertemuan informal dengan warga diwilayah hukumnya dibalut suasana akrab dan kekeluargaan, Kapolsek Dumai Barat juga menyampaikan pentingnya kerja sama antara Polri dan masyarakat dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman, menjauhi segala bentuk provokasi, tidak menjadi bagian dalam penyebaran isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian, isu SARA dan intoleransi serta melaporkan setiap kejadian mencurigakan hingga yang membutuhkan bantuan segera kepada pihak Kepolisian baik kepada Bhabinkamtibmas, Polsek hingga Polres.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat semakin meningkatkan kepercayaan dan kedekatan masyarakat bersama personel Polri. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Sinergi yang baik antara polisi dan masyarakat menjadi kunci utama dalam menciptakan kondisi yang aman dan kondusif,” tambahnya.

Dikatakannya, Polri dan masyarakat perlu bekerja sama dalam suatu cooling system guna mengantisipasi perpecahan dan potensi konflik di tengah masyarakat, agar persatuan Bangsa dapat terjaga dan Pemilu 2024 yang damai dapat terwujud.

Apalagi, lanjut Kapolsek Dumai Barat, proses pemungutan suara Pemilu 2024 yang hanya tinggal menghitung hari tepatnya 14 Februari 2024 mendatang, berpotensi menimbulkan gesekan antara massa pendukung calon khususnya di media sosial. Sehingga masyarakat dituntut menjadi pengguna media sosial yang bijak, jangan mudah terprovokasi dan jangan menjadi bagian dari penyebaran isu negatif hingga berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA.

Tak hanya bertanggungjawab dalam bidang Kamtibmas, personel Polri juga rutin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih dengan bijak serta menolak segala bentuk kampanye hitam, intoleransi, politik uang dan politik identitas melalui berbagai program pendekatan hingga blusukan melaksanakan sambang masyarakat.

"Kita harus bersama-sama bergandengan tangan, saling bersinergi untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, serta menciptakan Pemilu Damai 2024 tanpa isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan Isu SARA,” ujarnya.

Terakhir diharapkan Kapolsek Dumai Barat, kegiatan blusukan menyambangi warga diwilayah hukumnya dapat memberikan dampak positif dalam membangun kemitraan yang solid dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang baik menjelang Pemilihan Umum 2024.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.