Logo Network
Network

Dir Lantas Polda Riau dan Kapolres Dumai Amankan Giat Kampanye Calon Presiden Nomor Urut 1

ari Susanto
.
Minggu, 28 Januari 2024 | 20:49 WIB
Dir Lantas Polda Riau dan Kapolres Dumai Amankan Giat Kampanye Calon Presiden Nomor Urut 1
Kegiatan pengamanan dipimpin langsung oleh Dir Lantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Luqman Nurhidayat, S.I.K, M.H dan Dir Samapta Polda Riau Kombes Pol Raswin Bachtiar Sirait, S.H, S.I.K, M.Si selaku Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polda Riau, didampingi Kapolres Dumai AKBP Dhovan Octavianton, S.H, S.I.K, M.Si. 

DUMAI, iNewsDumai.id - Kunjungan Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Rasyid Baswedan, S.E, M.P.P, Ph.D ke Kota Dumai dalam rangka Kampanye Pemilu 2024, Sabtu (27/1/2024) mendapat pengamanan ketat dari Aparat Kepolisian. 

Kegiatan pengamanan dipimpin langsung oleh Dir Lantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Luqman Nurhidayat, S.I.K, M.H dan Dir Samapta Polda Riau Kombes Pol Raswin Bachtiar Sirait, S.H, S.I.K, M.Si selaku Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polda Riau, didampingi Kapolres Dumai AKBP Dhovan Octavianton, S.H, S.I.K, M.Si. 

Sebanyak 343 personel Polres Dumai ditambah 42 personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) Sat Brimobda Polda Riau dilibatkan untuk mengamankan Kampanye Akbar Calon Presiden Nomor Urut 1 di Taman Bukit Gelanggang Jalan H.R. Soebrantas Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur. 

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pengawalan dari awal kedatangan hingga pengamanan di lokasi pelaksanaan kampanye dan sekitarnya. Hal itu untuk memastikan acara berjalan dengan lancar serta menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif. 

Pengamanan yang dilakukan mencakup aspek pengamanan terbuka dan tertutup. Selain itu, terdapat personel yang bertugas melakukan pengawalan, termasuk anggota dari Satbrimobda Polda Riau. Kemudian pengamanan turut melibatkan seluruh personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 Polres Dumai meliputi Satgas Preemtif, Preventif, Kamseltibcarlantas, Gakkum, Humas dan Ban Ops. 

Sebelum pelaksanaan Kampanye Akbar dimulai, Satuan Penjinakan Bom Satuan Brimob Polda Riau yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata Lancang Kuning telah melaksanakan sterilisasi pengamanan Kampanye Akbar Calon Presiden Republik Indonesia 2024-2029 H. Anies Rasyid Baswedan, S.E, M.P.P, Ph.D. Hal tersebut untuk mensterilisasikan lokasi dari bahan-bahan berbahaya yang dapat mengancam keselamatan Calon Presiden RI yang hadir bersama sang istri Ny. Ferry Farhati Anies. Sterilisasi dilakukan beberapa jam sebelumnya dengan tujuan untuk memastikan lokasi tersebut dalam keadaan aman serta menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan Kampanye Akbar Calon Presiden RI Nomor Urut 1 di Kota Dumai. 

"Alhamdulillah selama pelaksanaan sterilisasi hingga acara berakhir, tidak ditemukan adanya barang atau bahan-bahan yang mencurigakan yang berpotensi membahayakan keselamatan Calon Presiden dan seluruh masa Kampanye," ungkap AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si. 

Ratusan personel tersebut diterjunkan untuk memastikan setiap tahapan Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar, serta guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selan itu, personel yang berjaga juga secara rutin mengimbau kepada peserta Kampanye, untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang tetap aman, damai, tertib dan kondusif. Himbauan dan pesan damai tersebut terus digulirkan dalam rangka cooling system mewujudkan Pemilu Damai 2024. 

"Alhamdulillah pengamanan Kampanye Akbar Calon Presiden RI H. Anies Rasyid Baswedan, S.E, M.P.P, Ph.D di Kota Dumai berjalan lancar dan situasi Kamtibmas terdapat dalan keadaan aman dan kondusif," kata Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si. 

Kapolres Dumai juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah mendukung Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas di Kota Dumai tetap aman, damai dan kondusif terutama dalam setiap pelaksanaan tahapan Pemilu 2024. 

"Terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama peserta kampanye yang telah menjaga situasi Kamtibmas tetap aman, damai dan kondusif hingga acara selesai," pungkasnya.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.