Logo Network
Network

Ismunandar Beri Solusi Optimalisasi Penyerapan Tenaga Kerja Tempatan di PT Agro Murni

ari Susanto
.
Sabtu, 27 Januari 2024 | 13:27 WIB
Ismunandar Beri Solusi Optimalisasi Penyerapan Tenaga Kerja Tempatan di PT Agro Murni
Mediasi ke 2 di Kelurahan Tanjung Penyembal dengan manajemen PT. Agro Murni, di hadiri oleh Achmad, S.sos Lurah Tanjung Penyembal, Ismunandar (Ketua FAP-Tekal), Disnaker Kota Dumai yang di wakili oleh Andry Martin (Kabid Penempatan), Afrinaidi (Kabid Hubungan Industrial), pihak perusahaan PT. Agro Murni, serta dari pihak masyarakat diwakili oleh Abdul Kadir Jailani Ketua LPMK Kelurahan Tanjung Penyembal, para Forum RT, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Masyarakat Kelurahan Tanjung Penyembal.

DUMAI, iNewsDumai.id - Mediasi ke 2 antara tokoh masyarakat serta tokoh pemuda Kelurahan Tanjung Penyembal dengan manajemen PT. Agro Murni tentang Optimalisasi Penyerapan Tenaga Kerja Lokal/Tempatan di Kantor Lurah Kelurahan Tanjung Penyembal.

Mediasi difasilitasi oleh Achmad, S.sos Lurah Tanjung Penyembal dan di hadiri oleh Ismunandar (Ketua FAP-Tekal), Disnaker Kota Dumai yang di wakili oleh Andry Martin (Kabid Penempatan), Afrinaidi (Kabid Hubungan Industrial), dan dari pihak perusahaan PT. Agro Murni diwakili oleh Febri Ab Coto (HR) dan Afdhol (Legal) serta dari pihak masyarakat diwakili oleh Abdul Kadir Jailani Ketua LPMK Kelurahan Tanjung Penyembal, para Forum RT, Tokoh Masyarakat & Tokoh Pemuda Masyarakat Kelurahan Tanjung Penyembal. Mediasi ini juga dihadiri oleh para pihak pengamanan yaitu Polres Dumai dan pihak TNI.

Setelah diadakannya 2 kali Mediasi yaitu sebelumnya pada 15 Januari 2024 dan pada 22 Januari 2024, maka akhirnya disepakati beberapa kesepakatan, antara lain :

1. Pihak PT. Agro Murni akan menginfokan perencanaan Ketenagakerjaan dan tenaga kerjanya di Kantor Kelurahan Tanjung Penyembal  atas CC Disnaker Dumai,

2. Dalam perekrutan tenaga kerja yang kedepannya pihak PT. Agro Murni akan mengusahakan 50 % : 50% untuk warga Kelurahan Tanjung Penyembal dan juga tenaga kerja pendamping untuk tenaga ahli berpengalaman tetap di utamakan warga tempatan,

3. Khusus untuk warga Tanjung Penyembal tentang tata cara administrasi Lowker memakai sistem manual (Off line) mengesampingkan sistem on line/email,

4. Untuk penyelenggaraan magang dan pelatihan kerja pihak PT. Agro Murni tetap melakukan koordinasi dengan Disnaker Dumai dan menginfokan ke Kelurahan Tanjung Penyembal agar volume masyarakat tanjung penyebal lebib banyak untuk bisa mengikuti program tersebut di atas,

5. Untuk salinan copy ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan) PT. Agro Murni, para FORUM RT bisa memintanya di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai.

Disnaker Dumai dan Manajemen PT. Agro Murni mendukung gagasan dan terobosan yang dilakukan oleh Ismunandar dengan memakai Metode Informasi Perencanaan Ketenagakerjaan dan Tenaga Kerja Perusahaan sehingga Disnaker dan masyarakat bisa mendekteksi dini dan juga bisa  menyiapkan SUMBER DAYA MANUSIA tempatan dari jauh hari untuk memenuhi kebutuhan pihak perusahaan.

Dalam hal ini Tokoh Masyarakat Kel Tanjung Penyembal juga berterima kasih kepada Ismunandar dan jajaran yang mau meluangkan waktu untuk menyampaikan aspirasi masyarakat ke perusahaan dan pemerintah dengan baik dan benar seusai dengan aturan yang berlaku.

Ketika awak media mengkonfirmasi kepada Ismunandar tentang progres yang kedepannya, beliau menjawab, Insyaallah kami akan memberi masukan dan dorongan kepada forum RT, LPMK, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda agar membentuk Forum Pemuda/Pemudi Kelurahan Tanjung Penyembal.

"Dimana nantinya Forum Pemuda/Pemudi ini mempunyai tugas menjadi control sosial atas kesepakatan yang telah di buat dengan manajemen PT. Agro Murni dan perusahaan-perusahaan yang akan berdiri di daerah kelurahan tanjung penyembal di masa yang akan datang," ucap Ismunandar.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini