get app
inews
Aa Read Next : Polsek Bukit Kapur Melalui Unit Binmas Laksanakan Giat Sambang Terhadap Masyarakat Pada Wilayahnya

Empat Bulan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Ahli Waris Peternak Dapat Santunan Kematian

Selasa, 16 Januari 2024 | 17:37 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau dikenal BPJAMSOSTEK Dumai melakukan Penyerahan santunan Kematian  kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia  Kategori Bukan Penerima Upah ( BPU ).

Santunan secara simbolis  diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan  Dumai kepada  istri ahli waris  Riang Hati Harefastri disaksikan Tokoh masyarakat Hobby Pasaribu di Gereja GBI Bukit Batrem Minggu 14 Januari 2024 lalu.

Dalam keterangannya, Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Dumai, Zeki Fatrianto, mengatakan bahwa Fanekhe Buulolo merupakan seorang peternak yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Almarhum  terdaftar  sejak 1 Agustus 2023 atau  baru 4  bulan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui Agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai).

Riang Hati Harefastri, istri dari almarhum selaku ahli waris mendapatkan haknya dari program Jaminan Kematian BPJAMSOSTEK sebesar Rp. 42.000.000.

"Peserta  Fanekha Buulolo  ini baru 4 bulan mengikuti program BPU atau bukan penerima upah, mengalami musibah hingga meninggal dunia dan berhak menerima santunan sebesar 42 juta rupiah,” jelasnya.

Dikatakan Zeki jaminan sosial yang diberikan tersebut merupakan kehadiran negara dalam memberikan perlindungan bagi seluruh pekerja yang menghadapi risiko sosial. 

Dirinya menjelaskan selain para karyawan, para wirausahawan, pekerja lepas, pekerja paruh waktu, dan profesi lainnya juga berhak mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan. 

Mereka termasuk dalam kategori Bukan Penerima Upah (BPU). Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) bahwa seluruh pekerja Penerima Upah (PU, Bukan Penerima Upah (BPU), Pekerja Migran Indonesia (PMI), serta pegawai pemerintah non-Aparatur Sipil Negara dan penyelenggara Pemilu harus didaftarkan menjadi peserta BPJAMSOSTEK. 

Disamping itu, Zeki mengucapkan terima kasih kepada Bapak Hobby Pasaribu yang telah peduli terhadap perlindungan pekerja BPU di Kota Dumai seperti almarhum Buulolo. Terima kasih juga kepada agen Perisai yang merupakan mitra dari BPJS Ketenagakerjaan bertugas untuk mengedukasi, mensosialisasi, menerima pendaftaran dan pembayaran iuran, serta memberikan pemahaman program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat. 

Melalui Agen Perisai, BPJS Ketenagakerjaan berupaya memperluas cakupan kepesertaan agar masyarakat terlindungi dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Usai penyerahan Santunan, tokoh masyarakat Hobby Pasaribu mengapresiasi pihak BPJAMSOSTEK yang telah membayarkan santunan jaminan kematian kepada Peternak yang meninggal dunia. Memang bantuan yang saya berikan ini tidak seberapa, mengingat rasa sedih dan kehilangan yang dialami oleh keluarga. Setidaknya ini bisa mengurangi beban untuk menyambung ekonomi keluarga yang ditinggalkan.

Hobby Pasaribu menambahkan "Inilah bentuk nyata kepedulian terhadap masyarakat Dumai Timur-Medang Kampai, khususnya masyarakat yang sangat membutuhkan uluran tangan dari kita kita yang bisa menyisihkan rezeki masing masing".

"Saya menghimbau dalam kesempatan ini untuk rekan rekan lebih peduli kepada masyarakat yang sangat membutuhkan dan jangan hanya omdo". Tutupnya

Dia mengucapkan terima kasih kepada BPJAMSOSTEK karena telah cepat tanggap membayarkan santunan kepada ahli waris. Sekaligus ini menjadi bukti betapa pentingnya perlindungan dari BPJAMSOSTEK. Dia juga berharap, seluruh masyarakat kategori BPU dapat terlindungi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. 

Ucapan terima kasih juga diucapkan istri Ahli waris  Riang Hati Harefa kepada BPJAMSOSTEK  telah memberikan santunan kepada keluarganya dan dengan uang yang diterima tentu bisa meringankan beban keluarga.

“Ini sangat membantu keluarga kami yang mana suami saya merupakan tulang punggung keluarga telah tiada, terima kasih BPJS Ketenagakerjaan dan terima kasih juga Bapak Hobby Pasaribu, uang ini akan saya gunakan untuk keperluan keluarga,” tukasnya

Secara terpisah, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Dumai, Legi Handoko, juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dan berkontribusi nyata dalam perluasan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kota Dumai. 

“Ini contoh kolaborasi yang baik antara BPJS Ketenagakerjaan, Tokoh Masyarakat dan Perisai. Kami tidak bisa bekerja sendirian. Untuk itu, kami mengajak dan menghimbau semua pihak khususnya Tokoh Masyarakat, Ketua Paguyuban dan Pengurus Sosial Masyarakat untuk memastikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi keluarga, tetangga dan masyarakat yang ada dilingkungannya. Semakin banyak yang peduli, semakin banyak pula yang terlindungi. Dengan demikian kita sama-sama mewujudkan kemandirian pekerja dari risiko kerja seperti kecelakaan kerja, meninggal dunia dan hari tua,” tutup Legi.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut