get app
inews
Aa Read Next : Wapres KH Maruf Amin : Dua Peran Masjid Untuk Kemajuan Umat yakni Dakwah dan Ekonomi

Mengenang 100 Hari K.H. Ali Yafie, Panji Masyarakat Luncurkan Buku Membumikan Pesan Langit

Sabtu, 08 Juli 2023 | 16:02 WIB
header img
Buku K.H. Ali Yafie : Membumikan Pesan Langit. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsDumai.Id - Media Panji Masyarakat meluncurkan buku dalam rangka mengenang sumbangsih serta karya almarhum K.H. Ali Yafie, seorang ulama besar kharismatik pencetus fiqih sosial dan fiqih lingkungan pertama di Indonesia. Integritasnya sebagai seorang ulama mendapatkan banyak apresiasi, salah satunya oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin yang memberikan pesan dan kesan dalam kata sambutan untuk alm. K.H. Ali Yafie yang disampaikan melalui sebuah video. "K.H. Ali Yafie merupakan tokoh istimewa. Beliau memiliki ilmu agama yang mendalam, berkontribusi signifikan dalam kehidupan masyarakat dan kebangsaan. Beliau ini aktif di dunia pemikiran pendidikan dan organisasi keagamaan, serta dikenal sebagai figur yang tawadhu dan berintegritas," ujar Ketua MUI periode 2015-2020 ini.

Bertempat di BJ. Habibie Ballroom Muamalat Tower, Minggu 25 Juni 2023, peluncuran tersebut dihadiri oleh lebih dari 150 tokoh yang memiliki ikatan khusus dengan mendiang K.H. Ali Yafie semasa hidupnya, baik secara ide, emosional, maupun kultural. Buku _K.H. Ali Yafie: Membumikan Pesan Langit_ memuat bunga rampai dari 40 penulis dengan berbagai kisah otentik pengalaman para penulis selama bercengkerama dengan almarhum. Oleh karena itu, isi buku ini tidak hanya memuat cerita yang serius tapi juga kesederhanaan bahkan hal-hal jenaka.

Pengalaman hidup sosok seorang K.H. Ali Yafie melukiskan perjalanan panjang pengabdian keumatan, kemasyarakatan, dan kenegaraan. Menurut editor buku, A. Suryana Sudrajat, buku setebal 546 halaman ini langsung mulai disusun sepekan setelah almarhum berpulang ke Rahmatullah. Karya ini merupakan hasil kolaborasi tim Panji Masyarakat dan keluarga K.H. Ali Yafie. Adapun tim pengarah penulisan buku ini terdiri dari yang diketuai Dr. Hariman  Siregar, Bambang Wiwoho, Syakieb Bafagih, Helmi A. Yafie, Saiful A. Yafie dan Abdul Rahman Ma'mun. Serta tim peluncuran buku yang dikepalai HB. Tamam Yafie, Sekretaris Eko Satiya Hushada, Enny Anggraeni, Ulya Helmi A. Yafie, Alhamdulillah Basid, Triana Indriati, serta Yusnaeni.

"Terima kasih atas kerja keras tim, hingga akhirnya buku ini diterbitkan dan diluncurkan hari ini. Saya tidak menyangka bukunya setebal ini, pun acaranya dikemas sebagus ini. Saya sangat bersyukur untuk kehadiran 150 tokoh yang rata-rata kenal dan dekat dengan Kyai Ali Yafie," ungkap Ketua Pengarah Penerbitan Buku Dr. Hariman Siregar.

Puang Ali, begitu sapaan akrabnya, dikenal luas sebagai ulama yang turut menyampaikan suara mahasiswa dalam peristiwa Mei '98. Dengan tegas beliau meminta Pak Harto mundur sesuai dengan harapan masyarakat. Semasa hidupnya, Puang Ali menanam benih manfaat di banyak sektor kehidupan. Ia pernah menjadi pemimpin MUI, PBNU, ICMI serta Dewan Penasihat Panji Masyarakat, majalah legendaris yang telah lama menjadi mencusuar informasi umat.

Tentang K.H. Ali Yafie

K.H. Ali Yafie adalah seorang Ulama kondang kelahiran 1 September 1926 di Wani Donggala Sulawesi Tengah. Nama kecilnya adalah Muhammad Ali Yafie, namun lidah Bugis lazim memanggilnya Ali Yafie. Pada akhirnya nama itulah yang membuatnya masyhur di tengah masyarakat.

K.H. Ali Yafie lahir dari pasangan Muhammad al-Yafie dan Imaccaya. Ia anak ketiga dari lima bersaudara, dua kakaknya bernama Muhammad As'ad dan Sitti Muzainah. Kedua adiknya bernama Manarussa dan Amirah.

Ayahnya, Muhammad al-Yafie lahir di Makkah. Ia merupakan anak tunggal dari pasangan Muhammad As'ad al-Yafie dan Sitti Khadijah. Buyutnya ialah Muhammad As'ad al-Yafie putra pertama dari Syekh Muhammad Ali al-Yafie dengan Tsumbukah Tayyibah yang bergelar Sitti Kabirah.

Moyangnya Syekh Ali al-Yafie berasal dari Madinah sementara Sitti Kabirah merupakan seorang Syarifah berdarah Bugis. Garis keturunan K.H. Ali Yafie bersambung hingga raja-raja Bone, Sulawesi Selatan.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut