get app
inews
Aa Read Next : Dorong Peningkatan Hasil Perkebunan Sawit, PTPN V Sediakan Bibit Unggul Bersertifikat

Produksi Sawit RI Diprediksi Tidak Bertambah di 2023, Kenapa?

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:32 WIB
header img
Produksi Sawit RI di 2023. (Foto : Kemenkop)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono memperkirakan pertumbuhan produksi sawit pada tahun ini akan stagnan. Meskipun, sewaktu-waktu bisa mengalami kenaikan ataupun penurunan.

"Outlook (produksi sawit) saya yakin tapi angkanya feeling saya stagnan, bisa naik atau turun dikit atau cenderung flat. Karena kita replanting (peremajaannya) telat," ujar Joko saat ditemui awak media di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Selain masalah replanting, harga pupuk sawit yang masih melejit mengakibatkan para petani mengurangi kuantitas pupuk yang semestinya. Sehingga itu berpengaruh terhadap produksi sawit. Terkait berapa persen proyeksi penurunannya, Joko masih belum bisa memberikan keterangan pasti.

"(Penurunannya) Saya enggak tahu persisnya tapi saya rasa akan flat. Kalaupun naik sedikit, kalau turun sedikit. Tapi persisnya saya belum tahu karena bunga saja belum ada," ucap Joko.

Kemudian, perihal outlook ekspor sawit, ia memprediksi pertumbuhannya akan cenderung turun sebab kebutuhan domestik mengalami peningkatan. Seperti contohnya untuk keperluan Biodiesel sebanyak 13 juta kiloliter (kL).

"Jadi jatah ekspor akan terkurangi karena (kebutuhan) domestik naik besar," kata Joko.

Lanjutnya, meskipun produksi sawit petani lebih banyak untuk keperluan domestik, itu tidak mempengaruhi harga jual. Sebab, jika sawit diekspor pun tetap kena pungutan ekspor (PE) dan Bea Keluar (BK).

"Jadi sebenarnya harga sama saja. Dalam konteks indonesia saya bilang kalau seorang CEO itu ada namanya growth. Jadi seharusnya produksi tumbuh, domestik tumbuh, ekspor juga tumbuh. Jadi nggak satu naik, satu turun," ujar tutur Joko.

Terakhir, dia menekankan, produksi sawit dalam negeri akan kembali mengalami peningkatkan asalkan petani sawit melakukan replanting.

"Kendalanya di replanting. Pengusaha bisa naikkan produksi tapi perlu replanting. Karena replanting (sawit rakyat) masih belum baik," tandas Joko.

Artikel ini telah dimuat sebelumnya oleh Okezone

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut