get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Gunung Kerinci Meletus

Puluhan Warga SAD Dilatih Manfaatkan Lidi Kelapa Sawit agar Bernilai Ekonomis

Kamis, 29 Desember 2022 | 09:10 WIB
header img
Puluhan warga SAD dilatih manfaatkan lidi kelapa sawit. (Foto : Okezone)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Institut Agama Islam Syekh Maulana Qori Bangko kabupaten Merangin, Jambi Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen dan mahasiswanya menyasar kelompok Suku Anak Dalam yang berada di desa pulau tujuh kecamatan Pamenang Barat.

Kegiatan Pelatihan tersebut yakni pemanfaatan lidi daun sawit, hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan perekonomian suku anak dalam (SAD) yang selama ini hidupnya belum menetap.

" Kita Mulai dari observasi dan wawancara tanggal 24-25 desember 2022, dan Pelaksanaan pelatihan membuat piring dari lidi daun sawit tanggal 26-27 desember 2022" Ungkap Kurniasih Setyagustina ketua Tim kegiatan Rabu (28/12/2022).

Menurutnya pada awal di gagas pelatihan ini, ditargetkan kepada ibu ibu warga SAD, Namun minat dan antusias yang kuat Maka Tim memutuskan mengundang perwakilan warga SAD yang berada di Desa Bukit Beringin kecamatan Bangko Barat, dan Guru pendamping SAD.

"Antusias warga SAD yang tinggi, Kami juga mengundang warga SAD yang berada di desa bukit beringin serta guru pendamping, agar apa yang di sampaikan bisa di jelaskan dan di fahami warga SAD, Dan tujuan akhir dari pelatihan ini adalah agar warga SAD bisa membuat kerajinan piring dari lidi sawit, Sehingga potensi bahan dasar yang melimpah bisa di berdayakan selain itu hasil kerajinan lidi juga sudah siap di tampung dan di pasarkan, Sehingga bisa menambah pendapatan ekonomi bagi warga SAD" ucapnya .

Kegiatan PKM kompetitif yang laksanakan di desa pulau tujuh ini di Danai oleh Kemenag RI, Dengan seleksi proposal tahun 2021, Dan di harapkan ada output yang jelas.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut