get app
inews
Aa Read Next : BEM Sekota Dumai Bersinergi Bersama Pandawa Kota Dumai dan Kadin Kota Dumai

Kadin Dumai Adakan Acara Forum Group Discussion (FGD), untuk Penguatan Kapasitas Daya Saing UMKM

Senin, 26 Desember 2022 | 21:48 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id -Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Dumai adakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Penyusunan Perencanaan Pemberdayaan dan Penguatan Kapasitas Daya Saing UMKM Kota Dumai.

Bertempat di aula rapat Kadin Dumai, FGD ini dihadiri Zulfan Ismaini, SH Ketua Kadin Kota Dumai beserta pengurus, Winda Kabid UMKM Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kota Dumai, Satrio Wibowo, Kadisnaker Dumai, Dr. Emilda Firdaus, SH., MH Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) UNRI dan Hendro Ekwarso Koordinator Pusat Incubator Bisnis UNRI beserta tim. Senin, (26/12/2022).

Zulfan Ismaini, SH Ketua Kadin Kota Dumai menjelaskan akan tujuan diadakannya FGD tentang Penyusunan Perencanaan Pemberdayaan dan Penguatan Kapasitas Daya Saing UMKM Kota Dumai adalah dalam rangka untuk menyatukan Visi dan Misi serta bersinergi untuk meningkatkan daya saing UMKM Kota Dumai.

“Semoga apa yang direncanakan dan apa yang telah didiskusikan bisa diaktualisasikan, direalisasikan sehingga UMKM mempunyai daya saing yang kuat,” ungkap Zulfan.

Sementara Dr. Emilda Firdaus, SH., MH Sekretaris LPPM UNRI menyampaikan bahwa pada hari ini kami lagi ada kunjungan bersama Pusat Incubator Bisnis yaitu salah satu pusat study LPPM Universitas Riau. Kami menjajal kerjasama terkait kegiatan dari Kemendikbudristek terkait Kedaireka atau Matching Fund.

“Yang mana kegiatan ini ditaja oleh Kadin Dumai dengan membahas atau sharing terkait program-program dari masing-masing yang hadir untuk memajukan UMKM di Kota Dumai ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, hasil dari sharing atau FGD kita pada hari ini adalah kesepakatan untuk melakukan pemberdayaan UMKM yang ada di Kota Dumai melalui Inovasi kemudian Digitalisasi terhadap produk-produk keunggulan daripada UMKM di Kota Dumai.

“Jadi Besar harapan kami dari UNRI kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan karena kami yakin Kota Dumai dengan adanya TOL itu akan menjadi prospek untuk menjadi kota yang lebih maju lagi,” ujarnya.

“Tak lupa pula disini saya mewakili Tim yang hadir mengucapkan terimakasih atas sambutan yang telah diberikan oleh Kadin Kota Dumai serta Pemerintah setempat atas kehadiran dari Tim Universitas Riau,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga, Hendro Ekwarso Koordinator Pusat Incubator Bisnis UNRI mengatakan bahwa kami datang ke Dumai ini dalam rangka penjajakan untuk kegiatan program Matching Fund yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk tahun 2023.

“Kegiatan yang akan kita usulkan untuk Matching Fund di Kota Dumai ini adalah terkait upaya bagaimana meningkatkan kapasitas dan daya saing daripada UMKM yang ada di Kota Duma ini pada masa yang akan datang,” sebutnya mengawali.

Kita tau Kota Dumai ini adalah Kota Industri Idaman yang posisinya begitu strategis sekali sehingga ketika sudah ada jalan TOL Pekanbaru-Dumai ini, sehingga mobilitas penduduk ke Dumai ini tinggi. Tentu kita yang ada di Kota Dumai harus bisa memanfaatkan daripada kondisi infrastruktur yang semakin baik dan semakin banyak orang yang datang.

“Dengan banyaknya orang yang datang ke Kota Dumai, tentu kita ingin orang yang datang tersebut bukan hanya melihat tetapi juga dengan kehadiran mereka ini maka UMKM di Kota Dumai semakin berdaya, semakin meningkat serta semakin kuat daya saing nya sehingga kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada dalam UMKM ini akan meningkat,” tambahnya.

“Rencana kegiatan program Matching Fund ini, kita bersinergi antara yang pertama tim Universitas Riau, yang kedua Pemerintah Kota Dumai melalui pembinaan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM dan Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai, yang ketiga adalah Kadin Kota Dumai,” tutupnya.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut