get app
inews
Aa Read Next : Kampung Pesilat, Tempat Produksi Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar

Arab Saudi dan Jepang Sukses Permalukan Kandidat Juara Piala Dunia 2022, Tanda Kebangkitan Sepakbola

Rabu, 23 November 2022 | 23:53 WIB
header img
Timnas Jepang menang 2-1 atas Jerman di Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Piala Dunia 2022 menghadirkan banyak sekali kejutan, salah satunya adalah bangkitnya para perwakilan Asia. Terbukti dari Tim Nasional (Timnas) Arab Saudi dan Jepang yang mampu mempermalukan kandidat kuat juara Piala Dunia 2022, yakni Argentina dan Jerman. Fakta tersebut seakan memperlihatkan sepakbola Asia yang mulai bangkit.

Sebagaimana diketahui, ada enam wakil dari Asia dalam Piala Dunia 2022. Keenam wakil itu, yaitu Jepang, Arab Saudi, Iran, Korea Selatan, Australia, dan tuan rumah Qatar.

Tiga negara wakil Asia memang memulai ajang itu tidak dengan awal yang mulus, yaitu Qatar kalah 0-2 Ekuador, Iran tumbang 2-6 dari Inggris, dan Australia dihempaskan Prancis dengan skor 1-4. Sementara itu, Korea Selatan baru akan berlaga melawan Uruguay Kamis 24 November 2022 malam WIB.

Dua wakil Asia yang kini menjadi sorotan adalah Jepang dan Arab Saudi. Hal itu karena kedua negara tersebut kompak mengalahkan kandidat kuat juara Piala Dunia 2022.

The Falcons, julukan Arab Saudi, menang 2-1 atas Argentina di Grup C pada Selasa 22 November 2022. Sedangkan Jepang menang 2-1 atas Jerman di laga Grup E pada Rabu (23/11/2022) malam WIB. Kedua negara pun meraih kemenangan dengan proses hampir mirip, yakni melakukan comeback manis.

Arab Saudi awalnya tertinggal 0-1 dari Argentina lewat gol penalti Lionel Messi. Namun, pada babak kedua tim asuhan Hervé Renard berbalik unggul dengan skor 2-1 lewat gol Al Shehri (48') dan Al Dawsari (85').

Hasil itu membuat Arab Saudi bertengger di puncak klasemen Grup C dengan tiga poin. Untuk posisi kedua, ditempati oleh Tunisia dengan satu poin.

Jepang pun awalnya tertinggal lebih dahulu dari Jerman dengan skor 0-1 lewat tendangan penalti Gundogan (33'). Akan tetapi, Samurai Biru -julukan Jepang- berbalik unggul 2-1 lewat gol Doan (75') dan Asano (83').

Jerman vs Jepang (Reuters)

Kemenangan itu membawa Jepang berada di puncak klasemen Grup E dengan tiga poin. Tentunya hasil itu menjadi awal yang bagus untuk tim asuhan Hajime Moriyasu.

Capaian Jepang dan Arab Saudi memang menjadi kebanggaan sebagai wakil dari Asia. Bagaimana dengan raihan Korea Selatan pada laga perdana Piala Dunia 2022 nanti?

Artikel ini telat dimuat sebelumnya oleh Okezone dengan judul Arab Saudi dan Jepang Sukses Permalukan Kandidat Juara Piala Dunia 2022, Tanda Kebangkitan Sepakbola Asia

Editor : Kholid Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut