Logo Network
Network

Melek Teknologi dengan Digitalisasi Angkat Ekonomi Masyarakat

Kholid Hidayat
.
Minggu, 20 November 2022 | 18:30 WIB
Melek Teknologi dengan Digitalisasi Angkat Ekonomi Masyarakat
Digitalisasi Angkat Ekonomi Masyarakat. (Foto : Freepik)

DUMAI, iNewsDumai.Id - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Kamojang, bagian dari Pertamina New & Renewable Energy, melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), salah satunya melalui pengenalan digitalisasi untuk mewujudkan masyarakat modern dan melek teknologi di wilayah Ring 1 Operasi.

Tiga program TJSL yang menjadi unggulan PGE Area Kamojang adalah Ibun Mall, Rangers App, dan Sinyal Kita, kata Catur Hendro Utomo Kristiono, Pjs General Manager PGE Area Kamojang di Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Catur mengatakan Ibun Mall adalah salah satu inovasi dan pendekatan baru dalam berjualan produk lokal Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, melalui daring. Ibun Mall dikembangkan oleh PGE Area Kamojang bersama anak muda di Kecamatan Ibun dan sekitarnya.

Dalam platform ini UMKM memiliki kesempatan untuk berkembang serta meningkatkan baik secara kualitas dan kuantitas produk mereka.

“Fitur ini membuat masyarakat dapat lebih melek teknologi dan memaksimalkan potensi lokal. Inovasi Ibun Mall mendapatkan salah satu apresiasi dari aplikasi TikTok sebagai salah satu kreator terbaik pada 2022,” ujar Catur.

Dia menjelaskan Ibun Mall menjawab dampak ekonomi pandemi COVID-19 kepada UMKM di Kecamatan Ibun yang mengalami penurunan pesanan dan produksi. Melalui Ibun Mall, UMKM dapat meningkatkan penjualan produk kembali secara digital. Apalagi Ibun Mall juga memberikan pelatihan baik terkait metode penjualan daring, kreasi konten penjualan, administrasi usaha, hingga manajemen produk yang akan dijual sehingga UMKM memiliki kesempatan untuk berkembang serta meningkatkan baik secara kualitas dan kuantitas produk mereka.

“Fitur ini membuat masyarakat dapat lebih melek teknologi dan memaksimalkan potensi lokal yang ada,” jelas Catur.

Program unggulan PGE Area Kamojang berikutnya adalah Rangers App, yaitu aplikasi multilayanan yang dikembangkan kelompok pemuda yang diketuai oleh Hendri Wahyudi.

Rangers App memiliki berbagai fitur seperti ojek, pengantaran makanan, kurir, pasar daring, penjualan produk dan jasa UMKM lokal, bank sampah online, hingga tiket elektronik untuk homestay, dan tempat wisata.

“Rangers App merupakan aplikasi layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di kecamatan Ibun. Dari kebutuhan ini kami mencoba membantu masyarakat dengan kemampuan kami. Harapannya aplikasi ini dapat berkembang lebih luas sehingga dapat dimanfaatkan oleh orang lebih banyak,” kata Hendri.

Saat ini untuk isi ulang uang elektronik di Rangers App dapat menggunakan sampah. Para user yang terdaftar dapat menyimpan hasil uang tabungan dari mengumpulkan sampah yang terintegrasi di bank sampah online bernama Kumpulin.id.

Artikel tersebut telah dimuat sebelumnya di Okezone dengan judul Melek Teknologi dengan Digitalisasi Angkat Ekonomi Masyarakat

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini