get app
inews
Aa Read Next : UKP Nilai BPRS Penggerak Perekonomian Umat di Daerah

Mau Dagangan Laris Manis? Begini Tips Bikin UMKM Jadi Incaran Masyarakat

Jum'at, 04 November 2022 | 21:54 WIB
header img
Tips Bikin UMKM Jadi Incaran Masyarakat. (Foto:Dok iNews.id)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Promosi adalah suatu aktivitas yang pasti dilakukan setiap pelaku UMKM, baik usaha kecil maupun yang sudah besar agar dagangan mereka laris manis.

Sebab, promosi adalah bagian penting dalam suatu kegiatan usaha.

Dalam dunia UMKM, promosi berhubungan dengan pemasaran atau marketing.

Namun, sebenarnya apa promosi itu? Mengapa suatu usaha melakukan kegiatan promosi? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan lengkap mengenai promosi berikut ini!

Promosi adalah perkenalan dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya. Kegiatan ini dilakukan oleh pemilik usaha kepada calon konsumen atau masyarakat luas. Harapannya, produk atau dagangan yang mereka tawarkan laris manis.

Lalu, bagaimana bentuk perkenalan produk tersebut?

Perkenalan di sini mirip saat kita ingin mengenal seseorang. Saat berkenalan dengan orang baru, kita pasti menyebutkan nama dan identitas lain agar dikenal.

Pada perkenalan produk atau promosi, kita bukan memperkenalkan diri sendiri, tapi produk yang kita jual kepada calon pembeli.

Jika disimpulkan, promosi adalah suatu kegiatan untuk memperkenalkan produk kepada calon pembeli agar nantinya mereka melakukan pembelian.

Setelah memahami pengertiannya, sekarang mari membahas soal tujuan promosi.

Tiap jenis usaha bisa saja punya tujuan promosi yang berbeda. Misalnya pada sebuah usaha rintisan, tujuan utamanya pastilah agar masyarakat bisa mengenal produk mereka.

Sedangkan pada bisnis yang sudah mapan, tujuan promosi adalah untuk meningkatkan keuntungan sekaligus mempertahankan loyalitas pelanggan.

Berikut adalah beberapa tujuan promosi yang umum ditemukan pada setiap jenis usaha seperti yang dirangkum Okezone, Jumat (4/11/2022).

1. Menyebarkan brand awareness

Bisnis yang baru dirintis pasti belum memiliki banyak pelanggan. Untuk bisa menggaet lebih banyak pelanggan, mereka pun kemudian melakukan promosi. Nah, tujuan promosi seperti ini disebut menyebarkan brand awareness.

Brand awareness sendiri merupakan kemampuan calon konsumen untuk mengenali brand atau produkmu. Makin tinggi brand awareness, maka makin besar juga kemungkinan calon konsumen melakukan pembelian.

2. Menarik perhatian calon konsumen

Bagi sebagian besar bisnis, tujuan promosi adalah untuk menarik perhatian calon konsumen. Calon konsumen tidak akan tertarik begitu saja pada produk yang kamu jual.

Pasti ada beberapa langkah promosi yang dilakukan untuk bisa menarik perhatian calon konsumen, entah dengan membuat packaging yang menarik atau dengan memasang iklan.

3.  Mendapatkan loyalitas dari pelanggan

Jika bagi usaha rintisan tujuan promosi adalah untuk menyebarkan brand awareness, bagaimana dengan bisnis yang sudah mapan?

Pada bisnis skala besar yang sudah mapan, promosi dilakukan untuk meraih loyalitas dari pelanggan. Mempertahankan hubungan baik dengan para pelanggan sangat memengaruhi kelangsungan suatu bisnis, bahkan untuk bisnis skala besar sekalipun.

4. Meningkatkan keuntungan usaha

Tujuan utama promosi untuk seluruh bisnis tak lain adalah untuk meningkatkan keuntungan usaha. Dengan promosi, makin banyak calon konsumen yang mengenal jualanmu. Itu berarti, peluang terjadinya transaksi penjualan pun semakin besar.

Saat transaksi penjualan naik, otomatis keuntungan yang didapat pun ikut naik.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut