get app
inews
Aa
Read Next : Ngaji Kebangsaan, Upaya Vaksinasi Ideologi untuk Menyebarkan Moderasi Beragama di Masyarakat

Tata Cara Tayamum Sesuai Sunnah Disertai Bacaan Niat Teks Arab dan Latin

Kamis, 08 September 2022 | 13:37 WIB
header img
Ilustrasi (sumber: istimewa)

DUMAI, iNewsDumai.id - Berikut merupakan tata cara tayamun yang benar dan sesuai Sunnah. Simak selengkapnya karena di dalam artikel ini akan dibahas pula bacaan niat tayamum teks Arab, ejaan latin, dan artinya. 

Tayamum adalah salah satu cara untuk mensucikan diri dari hadast kecil ketika umat Islam hendak melakukan ibadah. Tayamum dilakukan dalam hanya ketika dalam kondisi mendesak dan apabila dalam kondisi normal, mensucikan diri lebih diutamakan dengan berwudhu. 

Tayamum adalah salah satu kemudahan yang diberikan ketika ingin mensucikan diri namun menemukan situasi yang tidak memungkinkan. Tayamum dilakukan cukup menggunakan debu dan hanya mengusap wajah dan tangan hingga siku. 

Buya Yahya menjelaskan dalam laman Youtube Al-Bahjah TV pada 6 Juni 2018 mengenai tata cara tayamum yang benar dan sesuai Sunnah. Menurutnya, kesalahan yang sering terjadi dan menyebabkan tayamum menjadi tidak sah yakni dalam memukul kedua telapak tangan pada sisi tertentu seperti tembok atau meja. 

Kesalahan yang sering dilakukan adalah ketika melakukan tayamum, hanya dengan sekali pukulan pada sisi tempat tayamum. Padahal seharusnya, pukulan harus dilakukan sebanyak dua kali untuk memenuhi salah satu syarat sah dari tayamum.

Berikut merupakan tata cara pelaksanaan tayamum: 


 1.  Membaca niat sebagai berikut : 

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu tayammuma listibaahatishsholaati lillaahi taala.

Saya berniat Tayamum untuk diperbolehkannya Shalat karena Allah Ta’ala”

Bacaan Niat tayamum lain yang bisa diamalkan yakni:

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ المَفْرُوضَةِ للهِ تعَاَلَى

Nawaitu tayammuma lisstibahasholaatil mafrudhoti lillahi ta'ala.

Artinya: “Saya niat tayamum agar dapat diperbolehkan melaksanakan shalat fardhu karena Allah Ta’ala”.

 2.  Letakkan telapak tangan pada sisi yang berdebu tipis dan bersih sebanyak dua kali pukulan

3. Usapkan pada bagian wajah menggunakan empat jari kecuali jempol dengan cara bagian kiri menggunakan jari tangan bagian kiri dan bagian kanan bagian jari sebelah kanan. 

 3.  Usap bagian tangan dari punggung telapak tangan hingga siku menggunakan jempol dan bagian sisi telapak tangan selain empat jari yang telah digunakan ketika mengusap wajah. 

6. Tutup dengan membaca doa berikut doa tayamum berikut ini : 

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ أَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ.

Asyhadu anlaaa ilaaha illallah wahdahuu laa yasrikalahu wasyhadu anna muhammadan 'abduhuu warasuuluhu. allahumaj'alnii minat tawwabiina waj'alnii minal mutathohhiriina waj'alnii min 'ibadikash shoolihin. subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka watuubu ilaiika.

Artinya:  Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli taubat, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli bersuci dan jadikanlah aku termasuk golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Demikian informasi mengenai tata cara tayamum yang benar dan sesuai Sunnah. Simak selengkapnya hingga bacaan niat dan artinya hingga doa setelah tayamum.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut