get app
inews
Aa Read Next : Gagak Hitam Sambang Dumai Jalankan Program Berbagi Keberkahan di Mesjid Baiturrahman

Amalan Utama pada Hari Jumat Menurut Syekh Ali Jaber, Nomor 3 dan 4 Sering Ditinggalkan

Jum'at, 02 September 2022 | 10:07 WIB
header img
Amalan ibadah hari Jum'at

DUMAI, iNewsDumai.id - Hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Islam. Beberapa amalan ini menjadi spesial apabila dilaksanakan pada hari Jumat. Simak selengkapnya amalan utama pada hari Jumat menurut Syekh Ali Jaber.

 

Hari Jumat adalah hari yang istimewa di mana umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada hari tersebut. Selain terdapat ibadah wajib salat Jumat bagi laki-laki muslim, ternyata umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah lainnya. 

 

Syekh Ali Jaber menyampaikan amalan tersebut dalam kanal YouTube miliknya yakni Syekh Ali Jaber. Video tersebut diunggah pada bulan Maret tahun 2020 yang berjudul "Inilah Keistimewaan Hari Jumat! Ada 4 Amalan Penting".

 

Video tersebut kini telah ditonton sebanyak 449 ribu. Didalamnya disampaikan beberapa amalan yang dikutip Syekh Ali Jaber dari Al-Qur'an maupun Hadits. 

 

Berikut merupakan amalan penting yang dianjurkan oleh Syekh Ali Jaber untuk dilaksanakan pada hari Jumat:

 

 1. Memperbanyak Shalawat Nabi Muhammad SAW

 

Syekh Ali Jaber menegaskan bahwa amalan ini merupakan zikir yang sangat penting untuk dilaksanakan. Bahkan Syekh Ali Jaber menganggap bahwa umat Islam dapat mendahulukan shalawat dibandingkan dengan zikir lainnya pada hari Jumat.

 

"Jadi kita boleh tinggalkan seluruh zikir hanya fokus shalawat, tidak salah karena Rasullullah memang meminta kita bershalawat kepada beliau di hari Jumat," ucap Syekh Ali Jaber dalam video tersebut.

 

Syekh Ali Jaber menambahkan bahwa dalam setiap kegiatan, umat Islam harus selalu bershalawat pada hari Jumat. Ia bahkan tidak mempermasalahkan terkait dengan adanya perbedaan pendapat tentang adanya kalimat Sayyiduna dalam shalawat.

 

 2. Membaca surat Al-Kahfi

 

Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa membaca surah Al-Kahfi adalah amalan spesial pada hari Jumat. Menurutnya dalam setiap Jumat minimal setiap orang Islam harus menyelesaikan satu surah. 

 

Bahkan Ali Jaber menegaskan bahwa dalam membaca Al-Kahfi dapat dilakukan secara berkala. Jika merasa apabila harus diselesaikan dalam satu waktu, dapat dicicil dalam hari Jumat tersebut. 

 

"Al-Kahfi itu 111 ayat, apabila terasa berat dapat dilakukan dengan mencicil. Selesai subuh satu lembar, sebelum salat Jumat dua halaman, setelah salat Jumat dua halaman, begitu selesai Ashar, selesaikan sisanya," ucap Syekh Ali Jaber.

 

Bahkan Syekh Ali Jaber mengatakan apabila ada yang belum bisa membaca Al-Qur'an, dapat mendengarkan muratal melalui handphone. Menurutnya orang yang membaca Al-Qur'an dan yang mendengar adalah sama pahalanya.

 

 3. Berdoa 1 jam sebelum Maghrib

 

Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa berdoa dalam waktu 1 jam di hari Jumat tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Walaupun banyak perbedaan pendapat mengenai doa yang dimaksud dalam Hadits, namun Ali Jaber mengatakan bahwa Ia mengikuti pendapat yang paling kuat.

 

Pendapat ulama tersebut mengatakan bahwa 1 jam tersebut adalah sebelum Maghrib. Kemudian Syekh Ali Jaber meminta agar umat Islam menyempatkan untuk berdoa pada waktu tersebut.

 

 4. Bersedekah pada subuh hari

 

Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa sedekah pada subuh hari memiliki keistimewaan lebih dibandingkan waktu lainnya. 

 

"Saya mengambil pelajaran bahwa Allah SWT memudahkan rezeki seseorang dengan sedekah setiap salat, terutama pada subuh hari," ungkapnya menjelaskan keutamaan sedekah pada subuh hari.

 

Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa pada saat subuh hari dua malaikat yang mendoakan. Jika bersedekah, satu malaikat akan mendoakan agar diberikan kemurahan rezeki, sedangkan jika kikir, malaikat lainnya akan mendoakan agar hartanya tidak diberkahi oleh Allah SWT.

 

Demikian amalan yang istimewa yang dianjurkan oleh Syekh Ali Jaber untuk dilaksanakan umat Islam pada hari Jumat.

 

 

 

 

 

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut