Jaga Kondusivitas Wilayah Dengan Cegah Potensi Konflik di Masyarakat, Polsek Gelar Cooling System

Tim iNews.id

DUMAI - Polsek Dumai Timur menggelar kegiatan Cooling System berupa Sambang Tokoh di Jl. Imam Munandar RT. 01, Kelurahan Jayamukti, Kecamatan Dumai Timur, sebagai bagian dari upaya preventif menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Dumai, (9/10).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kondusivitas wilayah dengan mencegah terjadinya potensi konflik di tengah masyarakat selama proses Pilkada berlangsung.

Dalam kegiatan tersebut, Kanit Binmas Polsek Dumai Timur, IPTU H. Sitohang, S.Th., hadir mewakili Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton. 

Turut mendampingi, Bhabinkamtibmas Jayamukti, BRIPKA Jerry. Mereka menemui salah satu tokoh masyarakat Jayamukti, Hengki, S, untuk berdialog mengenai situasi terkini menjelang Pilkada serta menyampaikan pesan-pesan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

IPTU H. Sitohang menjelaskan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kedamaian selama pelaksanaan Pilkada. 

“Kami mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Pilkada ini merupakan ajang demokrasi yang harus kita kawal bersama tanpa adanya konflik. Masyarakat harus menolak segala bentuk provokasi yang dapat memecah belah,” ujar IPTU Sitohang.

Menurutnya, langkah pencegahan dini sangat penting agar situasi tetap kondusif. Sambang Tokoh ini adalah salah satu cara efektif untuk mendengarkan aspirasi dan keluhan masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada. 

"Masyarakat memiliki peran besar dalam menjaga suasana damai. Jika ada hal-hal yang mencurigakan atau berpotensi menimbulkan konflik, kami harapkan untuk segera melapor ke pihak berwajib," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Hengki, selaku tokoh masyarakat, menyambut baik kehadiran pihak kepolisian dan menegaskan bahwa warga Jayamukti berkomitmen untuk mendukung Pilkada damai. 

“Kami akan selalu menjaga kerukunan dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang memecah belah. Ini demi masa depan Dumai yang lebih baik,” kata Hengki.

Kegiatan Cooling System ini diharapkan dapat menjadi upaya efektif dalam meminimalisir gesekan sosial yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada. Polsek Dumai Timur akan terus melakukan pendekatan ke berbagai tokoh masyarakat di wilayahnya untuk memastikan keamanan dan kelancaran pesta demokrasi tersebut.

Di akhir pertemuan, IPTU H. Sitohang menekankan bahwa pihak kepolisian akan senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memastikan situasi tetap aman dan terkendali selama berlangsungnya proses Pilkada 2024 di Kota Dumai

Editor : Ari Susanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network