Adakan Giat Silaturahmi Kamtibmas, Kapolres: Situasi Kondusif Tercipta Adanya Dukungan Semua Pihak

Ari Susanto

DUMAI, iNewsDumai.id - Bertempat di Aula Kantor Camat Sungai Sembilan, Jl. Raya Lubuk Gaung RT. 005, Kel. Lubuk Gaung, Kec. Sungai Sembilan, Kota Dumai, dilaksanakan kegiatan Silaturahmi Kamtibmas guna mencegah konflik politik yang berpotensi menjadi konflik sosial, dalam rangka mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang damai, aman, dan kondusif di Kecamatan Sungai Sembilan, (05/09/2024). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K., M.Si., Kapolsek Sungai Sembilan, AKP Edwi Sunardi, S.Ap., S.H., serta perwakilan dari Camat Sungai Sembilan yang diwakili oleh Sekcam, Muhtadi. Turut hadir pula Danramil 03/Sungai Sembilan yang diwakili oleh Bati Tuud, Pelda Andre M., serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, dan perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat dan pemuda setempat. 

Dalam sambutannya, Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, menyampaikan pentingnya menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif selama berlangsungnya Pilkada Serentak 2024. 

"Situasi yang kondusif tidak datang begitu saja, tentu harus ada dukungan dari semua pihak. Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh pihak dalam kegiatan ini, yang bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa menjaga keamanan di wilayah hukum Polres Dumai," ujar Kapolres. 

Kapolres juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga stabilitas sosial di wilayah Kecamatan Sungai Sembilan. 

"Saat ini, kita bisa melihat banyaknya investor yang berinvestasi di wilayah Sungai Sembilan, khususnya di sektor industri. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat kita mampu menciptakan situasi yang aman dan damai, yang menjadi dasar kemajuan ekonomi di daerah ini," tambahnya. 

Lebih lanjut, Kapolres mengingatkan bahwa Bhabinkamtibmas dan Babinsa memiliki peran penting dalam menjaga keamanan di lapangan. 

"Saya harapkan kepada seluruh pihak untuk merangkul Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Jika terjadi permasalahan di lapangan, sekecil apa pun itu, sampaikan kepada mereka. Informasi tersebut akan diteruskan kepada kami untuk mengambil keputusan yang tepat," kata Kapolres. 

Menyadari potensi konflik akibat perbedaan pilihan politik, Kapolres mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga hubungan baik dan menghindari konflik. 

"Walaupun berbeda pilihan politik, saya meminta kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga silaturahmi antar sesama. Jangan mudah terpancing isu-isu politik yang dapat memecah belah masyarakat," ujarnya. 

Selain itu, Kapolres juga menegaskan posisi netral Polri dan TNI dalam Pilkada Serentak 2024. 

"Polri dan TNI selalu bersinergi dalam memelihara Kamtibmas guna kelancaran Pilkada. Kami berada dalam posisi netral, tidak memiliki hak pilih, dan kami berharap dukungan dari semua pihak untuk menciptakan situasi yang aman dan damai," jelasnya. 

Sekcam Sungai Sembilan, Muhtadi, dalam sambutannya mewakili Camat, menyampaikan apresiasi atas kunjungan silaturahmi Kapolres Dumai. 

"Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Bapak Kapolres Dumai yang telah memberikan himbauan terkait Kamtibmas dalam rangka menciptakan Pilkada Serentak yang aman dan damai. Kami dari pihak pemerintah kecamatan siap mendukung upaya ini," ujar Muhtadi. 

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan selama Pilkada. 

"Mari kita sukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Dumai. Ini adalah tanggung jawab kita bersama," tambahnya. 

Dengan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, diharapkan Pilkada Serentak 2024 di Kota Dumai, khususnya di Kecamatan Sungai Sembilan, dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada gangguan keamanan yang berarti. " 

Kita semua harus bersatu padu, menjaga kedamaian dan ketertiban, demi kemajuan daerah kita," pungkas Kapolres Dumai dalam penutup sambutannya.

Editor : Ari Susanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network