Koordinator BEM SeKota Dumai Menyikapi Momentum Pilkada 2024 di Kota Dumai

Ari Susanto

DUMAI, iNewsDumai.id - Pemilihan Kepala  Daerah (Pilkada) sebentar lagi akan digelar serentak diseluruh wilayah se-Indonesia, terkait perihal itu Koordinator BEM Se-Kota Dumai menyikapinya.

Muhammad Ikhsan Nizar Rangkito yang dikenal selaku koordinator BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Se-Kota Dumai, menyikapi momentum Pilkada 2024 yang sebentar lagi akan di gelar di Kota Dumai ini.

Koordinator BEM Sekodum tersebut menyampaikan "Yang mana saat ini indonesia pada umumnya sedang mengalamani bonus demografi yang tentunya hal ini menjadi perhatian penting bahwa pemimpin 5 tahun untuk masing-masing Kepala Daerah yang akan datang ini ditentukan oleh anak muda, dan kemana bahtera besar ini akan di bawa."

Mahasiswa adalah intelektual yang memiliki tempat istimewa di mata masyarakat. Mahasiswa juga dianggap memiliki peranan penting dalam sejarah berdirinya Pemerintahan Indonesia, terutama dalam menyambung suara rakyat yang dipercaya masih begitu jujur, idealis dan bebas dari tunggangan kelompok manapun. Sebagai kaum akademis, mahasiswa sudah semestinya mengambil peran penting dalam berbagai aspek bidang kehidupan termasuk dalam bidang politik.

Pesta Demokrasi yang saat ini adalah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah di depan mata. Mahasiswa dituntut untuk memainkan peran tersebut sebagai bukti bahwa mahasiswa masih mampu menunjukkan eksistensinya dengan aktif. Sebagai agen perubahan dalam bidang politik, mahasiswa tidak harus terjun ke lapangan bermain dengan para pemangku kepentingan elite politik. Mahasiswa cukup memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya berdemokrasi bagi bangsa dan negara.

"Lima peran mahasiswa itu yang menunjukkan bahwa mahasiswa dapat mewakili lidah rakyat dalam mengontrol dan mengawasi berbagai kebijakan pemerintah, pelopor terwujudnya perubahan sosial pada masyarakat serta sebagai penerus kepemimpinan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, di tahun politik ini, mahasiswa sebaiknya memilah terlebih dahulu berbagai informasi yang ada. Termasuk informasi yang beredar di media sosial (medsos)," jelas Ikhsan.

"Tentunya besar harapan kami kepada kepala daerah terpilih nantinya benar-benar konsisten dalam menjalankan amanat masyarakat kota dumai ini dengan baik. Serta mampu menjalankan amanat konstitusi “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.” Yang masuk dalam ayat 1 pada UUD 1945, serta mampu mewujudkan masyarakat Adil dan Makmur yang di ridhoi Allah SWT,", harapnya.

Editor : Ari Susanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network